Home » » Menejemen Tim

Menejemen Tim

Menejemen team oleh mas Muhammad Fadlan
By Pengusaha Kampus (PK)-SeJateng
Jum'ah, jumat 22 mei 2015 
menejemen tim dalam bisnis
Sebelumnya pekenalkan nama saya  Muhammad Fadlan. Disini, saya akan berbagi tentang menejemen tim. Ya selain itu, saya juga ada bisnis keluarga toko kue yang sudah berjalan 23 tahun di tangerang, dan saya suka membuat komik hingga lomba". Mohon doanya juga, saat ini sedang mengurus penjualan saya untuk tembus mancanegara. aamiin.
Baik tema hari ini manajemen tim. Sebelumnya yang di sebutkan bisnis-bisnis tadi saya tidak pernah sendiri. Sebelum saya sudah melewati mas-masa pahit dalam berwirausaha pada umur yang terbilang muda. Saya mulai wirausaha sejak SD, baik di mulai dari berjualan di kantin hingga MLM hingga saya benar-benar merasa jatuh saat SMA.
Karena bisnis MLM yang berpengaruh buruk dan setelah saya tau itu dosa yang saya jalani, Saya mulai usaha tim yaitu lewat hobi saya memasak dan menggambar sejak SMA saya buat tim booth, dengan modal 0 saya bisa mendapat untung bersih setiap hari 1jt dalam 6 jam. Lalu tidak mungkin saya selalu berada di atas, saya juga sering jatuh karena tim. Sebelumnya saya akan jelaskan ada 2 jenis dalam tim, yakni:
  1. Yang ambisi akan produk dan menang
  2. Yang lebih mementingkan tim
Tentu harus di bedakan juga antara Tim dan karyawan dan tentu harus pintar juga dalam memilih tim. Saya mengibaratkan mencari tim yang baik itu seperti tahapan mendapatkan pacar ( walau pacaran dalam islam tidak boleh) dan saya termotivasi dari para leader-leader yang memiliki tim yang terbaik,dan memiliki gelar seperti Bill Gates, Steve Jobs, dsb
Saya selalu mengamati orang terlebih dahulu menganalisa. Dan membawa pembicaraan mereka seperti yang saya inginkan jawabannya dan mencari celah peluang usaha. Itu yang saya lakukan di tim tas dan ternak.
Bedanya tim dan karyawan itu gimana ya? dan juga cara buat tim work yang solid tipsnya bagaimana?
Bedanya tim dan karyawan yah.
Oke 1 hal sebelum saya menjawab coba semuanya yuk kita gunakan otak kiri dan kanan kita dengan seimbang.
Bedanya itu seperti dalam organisasi, ada yang namanya BEM dan organisasi lain. Seperti tim, Tim itu selalu berjuang bersama kita dan mereka tau dapur kita,j uga tau dari nol dan sama-sama berprinsip yang sama untuk bisnis. Sementara karyawan, mereka hanya mengerjakan job yang kita kasih dan untuk rahasia dapur tetap tim yang pegang.
Cara buat tim yang solid yaitu selalu adanya monitoring dari kita dan selalu terbuka ,dan selalu move up. Karena kebanyakan masalah di mulai dari komunikasi yang kurang sehingga banyak yang salah paham dan sebagainya.

Tips dari saya jika membuka usaha kuliner:
Pada 1 bulan pertama setiap buka toko selalu share dan tutup toko juga selalu share agar menjaga mood.

Bagaimana menentukan/memilih anggota team yg tepat? Anda harus tau dia punya skill apa? Jangan mencari tim yang sperti ini :
  • Keluarga baru menikah
  • Ibu-ibu yang memiliki anak masih umur bulanan
  • Dia punya skill namun jangan cari yang terlalu hebat/mantan karyawan besar karena itu susah di ajak bisnis dari nol
  • Jangan yang tidak punya potensi sama sekali.
Karena biasanya yang saya sebutkan tadi bakal terhambat bagi usaha kita dan tergolong susah untuk waktu serta komunikasi. Pilih lah yang punya skill yang belum di rekrut perusahaan besar (untuk mulai bisnis mikro) jangan lupa untuk mempelajari gera- geriknya terlebih dahulu.

Bagaimana tips membangun tim yang baik dan kuat? dan berapa anggota maksimal dalam sebuah tim supaya ideal?
J🔸 Oke lalu berapa maksimal dalam sebuah tim 2 - 4 karena seimbang dan tidak terlalu banyak dalam pembagian. Saran saya anda harus menguasai ilmu yg di miliki tim anda agar tidak di pengaruhi oleh tim anda dan selalu mengingatkan jika down mood dalam tim. Jangan terpengaruh dalam lingkungan anda tapi ciptakanlah lingkungan anda sendiri. 

Apa usaha yang mas fadhlan pertama kali seriusin? Apakah dimulai dari online atau offline? Dan apakah usaha yg pertama kali langsung dibentuk tim nya?
Usaha pertama saya yang serius adalah Tas, dimulai offline dengan COD dahulu. Iya pertama kali saya langsung membuat tim karena dana untuk bisnis bagi saya adalah yang penting jalan dulu. Jangan kebanyakan mikir dan jangan lelet, apa lagi pusing akan kesibukan ini itu. Karena Allah tidak memberikan hambanya kesulitan melebihi kemampuan hambanya. Dan saya lemah akan perhitungan akuntansi sehingga saya buat tim yaitu 3 orang termasuk akuntansi. Misi visi yaitu tim terakhir adalah tim yang paling baik karena tim terakhir selamanya.

Usaha seperti apa yang membutuhkan tim? dan kelebiharn memiliki tim dalam sebuah usaha, menyelesaikan masalah sendiri?
Usaha yang membutuhkan tim (bukan karyawan) yaitu:
  • Kamu tidak bisa bisnis sendiri dan tergolong unmood maka ciptakanlah tim.
  • Kuliner
  • konveksi
  • Dan segala usaha yang besar kemungkinannya. Kelebihannya tim itu sendiri bisa mengingatkan. Kalau kita bisa seleseikan sendiri itu lebih baik dan lebih bagus seperti dropship.
  • Semua tergantung dalam lintas usia, dan perlu kamu analisis lagi.
Bagaimana caranya agar team loyal terhadap kita? dan hal apa saya yang perlu kita share, akankah 100% semua atau bagaimana?
Agar tim mau loyal ialah harus komunikasi dan selalu berikan target sasaran / iming-iming kita akan sukses.
Itu contoh dalam move up dan selalu berikan cara agar loyal. Dilihat dalam kondisi juga, paling tidak selalu saling menasehati. Saya pengalaman dalam tim kuliner saya yaitu selalu unmood. Itu berdampak buruk bagi kualitas dan serving. Service ke pelanggan apa lagi jiwa muda yang terkadang labil maka saya buka sesi share agar lebih profesional saat sedang mulai usaha dan ingat kata harus men follow up juga. 

Jikalau ada TIM yang berbohong, lalu apa langkah kita nya?
Langkah kita pertama mencari bukti dahulu.apakah dia benar berbohong, lihat tingkahnya karena saya belajar psikolog juga. Dan ingat 1 hal yang membuat penghalang bisnis kita lebih baik segera diperbaiki komunikasinya dan jika berbohong dalam dana sebaiknya kita sidang. 

Usaha telur asin, aneka rasa gimana peluangnya?
Usaha telur asin yang saya buat peluangnya baik dan omsetnya sangat banyak saat ini bebeknya baru 50 ekor karena keterbatasan tempat. Sebenarnya bukan telur asin aneka rasa, saya buat telur asin biasa dan telur asin bakar aneka rasa dan itu peluang yang baik karena berdasarkan survey angka konsumen terhadap telur asin meningkat terutama pasaran malaysia.

Cara menyamakan persepsi berbisnis bagi TIM/Karyawan?
Cara menyamakannya dalam pembagian tugas profesional dan ingat anda adalah owner. Sekalipun seterbuka apapun tim dengan kita paling tidak kita punya rem. Ada yg harus dibahas/ ada yg harus disimpan sekalipun itu tim.

Apa berbisnis perlu fokus atau bagaimana? Jikalau fokus satu bidang akan tetapi jarang ada pemasukan,
Nah itu dia yg saya pakai, saya terbilang orang yang suka inovasi dan selalu serba bisa berusaha karena usaha yang baik ialah selalu berinovasi.
Tipe seperti saya jika banyak bisnis harus menciptakan tim, perbanyak karyawan, cita-cita saya ialah bisnis seperti frenchise yang memiliki banyak usaha dan di handle tim saya, itulah gunanya tim. Jadi kita bisa membagi focus dengan baik.

Bagaimana pembagian modal/keuntungan dalam berkaitan financial? akankah merata? dan biasanya akad apa yang digunakan?
Pembagian modal dan keuntungan ya, saya terapkan pembagian keuntungan selalu 20% : 20%. Namun untuk karyawan beda pembagiannya. Dan tim saya bagi sesuai  kesulitan kerjaannya. Yaitu 60% tim 40% karyawan/skill. Yang 20%  20% itu untuk saya. Selalu di bagi karena harus berhati-hati juga dalam bisnis. takutnya memakan uang riba.

Bagaimana konsep pemasaran yg mas jalankan dalam setiap bisnis? Saya selalu takut memulai usaha karena tidak bagus dalam pemasaran dan saya sibuk mengajar.
Gunakan otak kanan anda, maksudnya :
A. Jangan open book untuk pemasaran.
Jangan contoh orang lain,apa lagi meniru persis. Pilih pemasaran yang ada di pikiran anda pertama kali.. Itu lah yang lebih baik dan langsung action! Jangam pikir panjang.
Karna jika mengikuti pikiran pertama pastilah selama berjalan ada pikiran-pikiran selanjutnya, itulah yg di sebut inovasi dan itu yang di sukai konsumen
B. Jangan biasa-biasa aja, buat hal unik dalam pikiran anda. tidak masalah apakah hal itu kelihatan aneh atau konyol (asal positif).
Selalu jalan dulu action, biarkan ide pikiran mengalir begitu saja karena itulah yang disebut inovasi.

Dari namanya tim, perlukah memahami manajemen personal atau organisasi? dikarenakan adakalanya menemui satu atau beberapa yang mayoritas mengandalkan ego.
Itu yang biasa terjadi di saya juga bagi jiwa muda yang egonya tinggi, perlu adanya pembagian pemahaman manajemen personal. Cara menyikapinya kita selesaikan jangan dengan ego juga tentunya. Komunikasi kita tingakatin dari forum dan pribadi. Jangan pernah menggunakan nafsu ambisi dalam masalah itu.

Dalam memulai usaha, manakah yg harus didahulukan? Sesuai skill kita namun sudah banyak pesaing atau kita mencari yang unik namun butuh waktu yang cukup untuk mempelajarinya
1. Hobby, biasanya itu adalah cara cepat bagi yg ingin membu ka usaha, kita punya hobby dan kembangkan (skill).
2. 1 hal ketika menggunakan yang kedua, harus sering brainstroming karena itu tips jika kita ingin unik usaha namun pusing. Cara brainstroming ialah perbanyak link, jangan sering berteman dengan sekelompok mu tapi dekati juga yang hebat-hebat pada skill yg berbeda.

Pernahkah punya tim yang ditengah-tengah perjalanan malah menghambat bisnis. Itu langsung ditindak (dikeluarkan dr tim) atau msh dikomunikasikan?terus bagaimana membangun kepercayaan pada sesama tim?
Terkadang tadinya satu tim tiba-tiba ketika ditengah jalan  terpecah dan dia malah meniru bisnis kita. Itu gimana?
Good team good ide, Saya pernah menindak lanjuti itu namun jangan dimusuhi. Saya pernah mengeluarkan tim namun saya masih berkomunikasi. Caranya membangun inovasi dan kepercayaan juga dan terbuka sebagaimana mungkin untuk saling mengerti. pointny sering saya dapat sperti apple dan microsoft. Cara nya gampang. Inovasi baru tapi tidak meninggalkan brand anda. Aku suka punya bisnis dan di ikuti orang lain karena seperti melawan inovasi diri sndiri.

Untuk bisnis label fashion tertentu, tidak butuh tim ya? lebih ke branding personal.
Fashion bisa jika kamu benar-benar focus dan yakin bisa maju, namun harus jaga mood juga. saya menggunakan tim karena usaha saya banyak makanya saya punya tim.
Jadi intinya kalo yakin bisa sendiri kenapa tidak? Setiap orang punya cara nya masing-masing.
Bagi saya bisnis itu ibarat musik, apa yang saya dengarkan saya teruskan apa yg saya pikirkan saya teruskan..
Good team good idea, jika ada yg tidak good team dijamin tidak akan berkembang bisnis dan netral. Anda akan kalah pada inovasi lama anda sendiri. Biasakan jaga emosi, amati dan gunakan otak kanan ketika memulai dan selesaikan masalah..
Dan ingat jangan berhenti karena kegagalan yang anda buat sendiri

“Kaburo maktan indallahi antaquluu maalaa taf ‘aluun”
Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.
(QS As-Shaf : 3) 

0 komentar:

Posting Komentar