Belajar Bisnis Online dari Fitra Jaya Saleh

bisnis online, bisnis online menguntungkan
Bisnis online
Resume Pelatihan Bisnis Online oleh Fitra Jaya Saleh (owner raihanshop) pada 20 Mei 2015
 
1. Sejarah era zaman Agraris>industri>informasi. Pemikiran kuliah buat dapet kerja itu pemikiran dari jaman industri. Sekarangg siapa yang menguasai informasi dialah yg menang. Banyak sekali tools yang bisa digunakan dalam bisnis online.

2. Reach adalah hal yg penting bgt buat bisnis online. Reach di medsos dan web diwakili oleh jumlah fans, jumlah orang yg melihat postingan kita, jumlah followers, dan jumlah pengunjung. Reach berbanding lurus dengan sales.

3. Rumus Edgrank di facebook membatasi hanya sekitar 5% dari fans kita yg bakal melihat postingan kita.
Hal itu menekan marketing organik supaya beralih ke iklan berbayar facebook. Walau begitu tetap ada cara yang bisa ditempuh dengan marketing organik facebook.

5. Tiga tahap bisnis:
5A. Start up, cirinya masih mencari penjualan. Inti penjualan adalah mencari pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Kita harus merawat pembeli lama karena kalau pembeli lama pergi dan kita terus-terus mencari pembeli baru itu seperti mengisi botol yang bocor. Air yang masuk sebanding dengan air yg keluar. Kita posting dan iklan itu buat cari pembeli baru. Sedangkan bisnis yang bagus adalah 70% omsetnya dari repeat order. 
5B.Growing, perlu system + SDM. 
5C. Expand, buka cabang dan system reseller terstandarisasi.

6. Langkah pengembangan bisnis.
6A. Kenalkan bisnis, kasih kartu nama. Perbanyak kenalan dan kualitas hubungan. Silaturahim. Jangan malu apalagi merahasiakan bisnis kita.
6B. Bikin orang suka atau butuh dengan produk kita.
6C. Bikin orang beli
6D. Bikin orang yg beli itu senang.
6E. Bikin repeat order.
6F. Bikin orang merekendasikan. Rekomendasi itu kuat sekali ini. Kadang dengan adanya rekomendasi, membuat orang ga pikir panjang buat beli.

7. Zaman terus berubah. Rezeki berbanding lurus dengan kapasitas ilmu dan kemampuan. Allah tidak membebani melebihi kemampuan kita. Rizki juga merupakan ujian. Jadi level rizki kita itu berada dibawah level kemampuan dan kapasitas kita. Maka fokuslah pada kemampuan dan ilmu. Belajar dan banyak diskusi. Bisnis tidak punya masalah justru yang punya masalah orang yang berbisnis. Unknown area adalah resiko dalam bisnis makan harus diperkecil dengan belajar. 

8. Tools untuk mengenalkan bisnis salah satu contohnya dengan akun Facebook. Add friend tiap hari dan perhatikan segmen. Jangan sembarang addfriend pastikan orangnya market merupakan market kita. Jangan add friend mereka yang alay karena mereka masih mencari identitas diri. Setelah 5 ribu friend ubahlah akun menjadi fanspage. Kalay sudah sampai jutaan fans kemungkinan 5% dari jutaan fans mereka akan tahu bisnis kita.

9. Fanpage, bikin akun facebook lagi yg banyak, add friend sampai ribuan. Jadikan akun fb jadi admin fanspage. Invite semua friendnya. Ini yg makan waktu. Ada cara lain yg lebih cepat yaitu sistem reseller atau fb ads.

10. Dengan sistem reseller membuat semakin banyak orang yg tahu. Raihan punya 11ribu orang reseller, Mereka digaji. Skrg raihan shop sudah jadi market place yang mempunyai tim IT sendiri.

11. Bisnis ada tiga: cari profit, gain, sosial.
11A. Profit: dapet dr selisih dagangan. Dari revenue
11B. Gain: nyari untung bukan laba.
Biaya iklan zalora 100 milyar perbulan dan mereka tidak dapat profit. Tapi mereka bangun aset bisnis kemudian akan divaluasi bisnisnya yang dikonversinya ke nilai saham. Contoh lain seperti tokopedia yg dijual 1,2 trilyun. Juga Tokobagus mereka menjual aset bisnis. Facebook juga walaupun dapet profit dari iklan tapi yg mereka kejar utamanya adalah gain. Nilai bisnis mereka.
11C. Sosial: tidak berharap uang namun berharap Impact.

12. Skalabilitas yg dilakukan raihan menggunakan system, membership, Gaji, dan jaringan.

13. Tentukan Value bisnismu, kita jualan value. Dulu aqua valuenya jualan air bersih. Sekarang valuenya aqua membuat kita fokus. Starbucks menjual eksperience, prestise.
kita harus membuat: "Kenapa orang harus beli produk kita?" Seperti Tupperware jaminan tahan lama walau mahal.

14. Untuk membangun reseller perlu tawarkan konsep bisnis dan value bisnisnya. Konsep bisnis itu system. System raihan dipikir dan dirancang tiga hari tanpa tidur siang. Salah satu contoh tawaran value sperti Tomshoes. Beli sepasang maka sepasang sepatu lain untuk anak2 argentina, valuenya menyejahterakan orang lain. Selain itu permudah orang untuk jadi reseller. Kita bantu mereka dan pandu mereka, ada mentor yang mengajari reseller untuk semangat. Buat menawarkan value perlu membedah dan mendefinisikan bisnis kita.

15. System reseller raihan tidak cuma dapet diskon. Bisa merekomendasikan orang beli bakal dapet gaji. Buat jadi reseller gratis dan mudah, klo bayar pasti orang tidak mau ikut. Harga jual barang di tiap level sama. Mereka digaji dari potongan profit dari sales raihan yang disimpan untuk reseller. Ketika berhasil mencapai sejumlah sales tertentu maka potongan profit itu diberikan ke reseller sabagai gaji. No sales no gaji. Makin banyak sales makin banyak gaji. Dengan raihan menjadi marketplace 100an toko maka skala sales yang bisa dicapai sangat besar. Reseller yg bergaji sejuta smpe 500 juta perbulanpun ada dan reseller bisa membuat tim sendiri.

16. Pengusaha membangun growing bisnisnya. Bikin tim dan memotivasi tim dan tim yang mencari konsumen. Komsumen menghasilkan Sales. Sales buat kembangkan bisnis. Pengusaha pekerjaannya adalah memperbesar bisnisnya bukan merunning bisnisnya namun yang merunning bisnisnya adalah tim karyawan. Jualan online itu pekerjaan tim kita, para sales kita. Data BI, 300 trilyun perputaran uang di internet indonesia setiap tahunnya. Agar bisa ambil bagian maka yang masih jadi sales polanya harus diubah kita jadi pengusahanya bukan salesnya. Dan agar growing kita harus terus learning. Diskusi>action dan praktek>diskusi lagi, dst.

17. Kalau punya toko offline prinsipnya sama, jangan diem. Harus punya upaya buat ajak orang masuk dan beli. Banyak tekniknya supaya orang masuk toko, dan buat supaya orang yang masuk harus beli. Dan supaya yg beli bakal harus balik lagi. Itu semua perlu ilmu dan kapasitas.

18. Ada tiga faktor yg bikin bisnis sukses:
18A. Faktor tambah: value added, value yang kita tawarkan.
18B. Faktor kali jualan online: kita harus analisa apa faktor kali dari bisnis kita. Kalau raihan ya resellernya. Tukang bakso ya gerobaknya, ojek ya motornya.dsb
18C. Faktor bagi: sedekah, infaq dan zakat.

19. Ketakutan buat merekrut Karyawan itu wajar. Jangan dihitung dengan menggaji karyawan dan pendapatan kita tetap dan menggaji karyawan akan berat. Perhitungan sebenernya adalah gaji karyawan itu fix tpi pendapatan kita meningkat. Jadi di awal kita rugi dulu itu wajar.
Karyawan kerja buat dapat uang. Pengusaha membangun aset bisnis dan asetlah yg memberikan uang. Satu hal yg mutlak adalah semua pengusaha dan orang sukses punya karyawan. Takut itu wajar tapi bukan untuk berhenti maka jangan khawatir.

20. Semua ada ilmunya. Kita baru mendiskusikan satu langkah yaitu membuat orang tahu bisnis kita. Masih ada 5 langkah lg sampai orang mau merekomendasikan bisnis kita. Ada banyak sekali teknik si kita perlu belajar banyak.

Resume by Yasir Saifur Rahman.


## INFO PELUANG USAHA##
Bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sebagai Reseller/Dropshipper Produk Herbal Perlebahan, Silahkan Bisa Menghubungi Gudang Lebah
0822 2771 2983 (WhatApp)

Pusat Madu Asli Indonesia

1 komentar:

  1. Mantap share ilmunya gan. Jangan lupa maen ke http://warsitoska.blogspot.co.id/2016/02/renungan-tak-terasa-air-mata-mengalir_26.html

    BalasHapus